Inilah Museum Islam Terbesar dan Terlengkap di Dunia

Museum Islam Terbesar dan Terlengkap di Dunia - Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, yang artinya islam adalah agama pembawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta. Penyebaran agama Islam memiliki sejarah yang  panjang hingga meninggalkan banyak jejak dan mewariskan peradaban besar di berbagai belahan dunia. Peradaban Islam menghasilkan banyak karya seni berupa kramik, kain, kaligrafi dan masih banyak lagi.

Karya-karya seni tersebut bisa kita temui di museum-museum Islam di berbagai negara. Negara yang mempunyai museum islam terlengkap dan terkeren adalah Qatar, Indonesia, Malaysia dan Turki.

Museum sendiri bisa kita jadikan sebagai salah satu rujukan untuk mempelajari sejarah peradaban Islam melalui berbagai koleksi yang dimilikinya. Nah, berikut ini merupakan merupakan 4 museum islam dunia terbesar dan memiliki koleksi benda bersejarah terlengkap.

4 museum islam Terbesar dan Terlengkap di Dunia

Museum Topkapi, Istanbul, Turkey
 Topkapi Palace
Negara Turki merupakan negara yang indah dan menyimpan sejuta budaya yang sangat mempesona. Selain itu, Turki juga menjadi negara yang memiliki sejarah perjalanan umat Islam yang panjang, sehingga banyak peninggalan Islam yang bernilai tinggi di sana, seperti Topkapi Palace.

Topkapi Palace merupakan museum Islam yang terletak di kawasan kota tua Istanbul, Turki. Museum ini dulunya merupakan istana besar dan megah yang dibangun pada masa Sultan Mehmet berkuasa. Dibangun dengan luas 700.000 meter persegi, Tokpaki palace memiliki banyak ruangan yang menyimpan benda-benda Islam bersejarah.
Telapak kaki Nabi Muhammad SAW di museum Topkapi
Ruangan pertama digunakan untuk menyimpan telapak kaki nabi Muhammad SAW dan peninggalan bersejarah lainnya. Rungan kedua digunakan untuk menyimpan kunci ka’bah, pedang para sahabat dan masih banyak lagi. Lalu ruangan ketiga menyimpan cap yang digunakan oleh Rasulullah, Surat dengan tanda tangan rosul serta pedang dan busur milik Rosul. Kemudian pada ruangan yang terakhir terdapat mantel dan panji yang dulunya digunakan pada masa Nabi Muhamad SAW.

Museum of Islamic Art Doha, Qatar
Mueum of Islamic Art Doha, Qatar
Museum islam di Doha, Qatar merupakan museum islam pertama di Teluk Persia yang memiliki koleksi ribuan benda seni bersejarah yang bernafaskan Islam. Museum yang memiliki bangunan megah dan modern ini juga menyimpan naskah Al Qur’an hingga 800 buah dari abad ke-3 sampai 18.

Selain itu, di museum ini juga menyimpan sertifikat haji sepanjang 7 Meter dan buku terpanjang di dunia, yaitu buku para raja. Buku para raja tersebut diulis oleh Firdausi, penyair asal Persia yang sangat terkenal pada abad ke-10. Pembuatan buku tersebut memakan waktu hingga 30 tahun, karena buku ini sangat lengkap menceritakan tentang kisah para raja pertama sampai raja terkakhir.
Lukisan Laia Majnun di Museum Doha
Salah satu benda bersejarah yang paling terkenal adalah lukisan Laila Majnun. Lukisan Laila Majnun berasal dari Iran ini berbahan sutra dan bercerita tentang tragedi cinta Laila dan Majnun karya penyair Persia Nizami, Ganjavi.

Islamic Art Museum, Malaysia
Islamic Arts Museum Malaysia
Islamic Art Museum, Malaysia terletak di Jalan lembah Perdana, Kuala Lumpur. Museum Islam bergaya arsitektur Islam ini memiliki 4 lantai, dibagi ke dalam 12 galeri utama yang diklasifikasikan berdasarkan jenis artefaknya dengan menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah seperti senjata, baju besi, perhiasan, tekstil, koin, keramik, manuskrip Al Qur’an dan masih banyak yang lainnya.
Replika masjid di Islamic Arts Museum Malaysia
Beberapa koleksinya yang paling terkenal adalah replika dari Masjidil Haram di Makkah yang berukuran besar. Tidak hanya itu, Museum ini juga menyimpan koleksi budaya yang mewakili tiga etnis utama di Malaysia, yaitu Melayu, China dan India.

Indonesian Islamic Art Museum
Indonesian Islamic Art Museum
Indonesian Islamic Art Museum adalah museum Islam pertama di Indonesia yang sudah berbasis Teknologi Informasi berupa Augmented Reality. Berlokasi di Wisata Bahari Lamongan, Indonesian Islamic Art memiliki koleksi benda bersejarah yang dibagi ke dalam 7 galeri utama.

Tidak hanya menghadirkan benda-benda bersejarah dari berbagai daerah di Indonesia, Indonesian Islamic Art juga mendatangkan benda bersejarah dari luar negeri, seperti Turki Ottoman, Mughal India dan dinasti China (Tang, Song, Yuan, Ming dan Qing).
Baju perang pasukan kerajaan Ottoman
Koleksi yang paling terkenal di museum ini adalah full set baju besi yang biasanya digunakan sebagai pelindung dalam peperangan oleh tentara pasukan Ottoman tepatnya sepanjang abad 16-A pada puncak kekuasaan pemerintahanan Raja Sulaiman. Ada juga beberapa koleksi lain seperti Al Qur'an bertinta emas, keramik, kain dan masih banyak lainnya. 

Terdapat juga satu zona yang di dalamnya terdapat berbagai macam minatur, seperti masjid dan kapal chengho, toko kelontong dan masih banyak lainnya. Tempat ini sangat bagus sekali untuk mengambil foto.
Para pengunjung berfotoria di zona Diorama Indonesian Islamic Art Museum

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Museum Islam Terbesar dan Terlengkap di Dunia "

Posting Komentar